Pelanggaran Merek dalam Marketplace berbasis User Generated Content di Indonesia

Thumbnail Image
Date
2022-08-12
Authors
Polin Paulina
Muhammad Faiz Aziz
Agung Indriyanto
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
STHI Jentera
Abstract
Merek merupakan kekayaan intelektual yang perlu dilindungi pada marketplace berbasis user generated content. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian secara kualitatif dengan tipologi yuridis normatif. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan serta dilengkapi dengan data wawancara dari narasumber yang relevan. Hasil dari pembahasan pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat produk atau barang yang berpotensi melanggar merek diperdagangkan oleh penjual. Penyedia platform dan pedagang memiliki hubungan hukum berbentuk perjanjian baku untuk menjalankan kegiatan bisnis dan bertanggung jawab dalam melindungi merek. Dalam hal terjadi pelanggaran terhadap merek, maka penyedia platform atau pse lingkup privat ini melakukan pemutusan akses (takedown) terhadap informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang dilarang dalam platform marketplace. Pelindungan merek hanya diberikan terhadap merek terdaftar. Dalam situasi terkini, pelindungan merek masih lemah dan belum menjamin kepastian hukum dalam perdagangan melalui sistem elektronik. Hal ini terlihat dari maraknya peredaran barang yang berpotensi melanggar merek dalam suatu marketplace dan pedagang yang bersifat anonim. Oleh karena itu, perlu pengaturan yang tepat untuk meningkatkan pelindungan merek di masa mendatang. Kata Kunci : Pelindungan Merek, User Generated Content, Marketplace
Description
Keywords
Pelindungan Merek, User Generated Content, Marketplace
Citation